Buka jam 08.00 s/d jam 17.00
Beranda » Artikel Terbaru » PELUANG USAHA JAMBU KRISTAL

PELUANG USAHA JAMBU KRISTAL

Diposting pada 3 August 2018 oleh jualbibittanaman

Mungkin ada sebagian pembaca yang belum mengenal Jambu Kristal. Jambu kristal masih termasuk kedalam kelompok jambu biji, atau jambu klutuk dengan nama latin (Psidium guajava). Keistimewaan jambu kristal dibanding jambu biji pada umumnya, pertama biji nya sedikit dan lunak, sehingga pada saat di konsumsi kita tidak merasa terganggu dengan keberadaan biji yang biasanya keras itu. Kedua daging buah jambu kristal lebih renyah  dan lebih manis. Sehingga nilai jualnya pun lebih tinggi dibanding jambu biji pada umumnya.

Jambu biji kristal, dapat tumbuh hampir disemua jenis tanah. Dari darataran rendah hingga dataran tinggi, tapi Jambu kristal akan tumbuh dan berbuah dengan baik sampai dengan ketinggian 800 m dari permukaan laut.

Bagi Anda yang  bermaksud mengusahakan Jambu kristal gunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif: Cangkok, okulasi maupun grafting. Supaya tanaman yang bapak budidayakan cepat berbuah dan  membrikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Jarak tanam yang umum di gunakan antara lain 4m x 4m atau 3 m x 5 m sehingga dalam 1 Ha lahan bisa di tanamn 600 batang.

Buatkan lobang tanam ukuran 50 x 50 x 50 cm.  Tambahkan pupuk kandang atau kompos yang sudah matang sekitar 30 – 40 kg per lobang tanam. Aduk rata dengan tanah galian lobang tanam, dan Bibit siap untuk di tanam.

PEMELIHARAAN

Agar dapat tumbuh dan berbuah baik, jambu kristal memerlukan perawatan. Perawatan utama meliputi : Penyiraman, Pemupukan, Pemangkasan,dan pengendalian hama – penyakit.

Penyiraman, sangat diperlukan terutama di musim kemarau.  Yang dimaksud penyiraman adalah tersedianya air sesuai kebutuhan sehingga tanaman tumbuh dalam kondisi normal tdk stress air. Kondisi stress air atau kekurangan air bisa mengganggu proses pembuahan. Dicirikan dengan bunga dan pentil yang gugur.

Pemupukan, perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan hara pokok tanaman. Sepeti Nitrogen, Pospor, Kalium, magnesium dan unsur –unsur lainnya yang sanagt diperlukan untuk tumbuh kembang tanaman. Lakukan  pemupukan  dua kali dalam satu tahun, dengan 250 gram NPK dan 250 gram TSP. Di tabur merata seputar daerah perakaran.  Lakukan juga Pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos yang sudah matang sejumlah 50 kg per pohon per tahun.

Pemangkasan di lakukan secara bertahap.  Pada awal masa pertumbuhan  sekitar umur 4 bulan setelah tanam dilakukan pangkasan bentuk. Dengan maksud memberikan kerangka percabnagan yang baik untuk  pertumbuhan cabang masa mendatang.

Pemangkasan bentuk ini di lakukan 3 -4 kali sehingga  didapati kerangka percabnagan yang ideal.  Pangkasan selanjutnya di lakukan untuk pangkasan pemeliharaan,antara lain memangkas tunas air, memangkas dahan yang sakit atau mati, memangkas cabang yang terlalu panjang percabangannya.

Pangkasan pemeliharaan juga dimaksudkan untuk memacu munculnya tunas  baru, karena pada tanaman jambu setiap keluar tunas baru selalalu disertai munculnya bunga dan bakal buah.

Perawatan selanjutnya adalah menjaga tanaman dari serangan hama penyakit. Untuk mencegah ulat dan belalang lakukan penyemprotan insektisida secukupnya dengan memperhitungkan kepatutannya. Gunakan pestisida sesuai anjuran dosis yang tertera dikemasan. Gunakan bila perlu saja.

Untuk menjaga keutuhan buah, agar selamat sampai matang dan tidak di ganggu lalat buah, maka dilakukan pembungkusan buah.

Kegiatan pembungkusan buah pada tanaman jambu kristal merupak satu keharusan agar buah yang dihasilkan mulus dan berukuran seragam sehingga punya nilai jual yang bagus.

Pada saat pembungkusan juga dilakukan sortasi, atau pemilihan bakal buah. Pilih bakal buah yang bentuknya normal dan sehat. Sisakan hanya satu buah per tangkai. Selebihnya di buang.

Kegiatan pembungkusan ini biasanya dilakukan dengan tenaga kerja perempuan supaya telaten dan tidak terlalau mahal. Angka kewajarannya saat ini sekitar Rp 120,- sampai dengan  Rp 150,-/buah.

PANEN

Tanaman Jambu Kristal  bisa mulai di panen pada usia 12 bulan setelah tanam. Sebetulnya pada umur 4-5 bulan pun tanaman sudah berbuah, tapi sebaiknya pentil yang muncul di buang dulu, untuk memberi kesempatan tanaman tumbuh kuat dan percabangan terbentuk dengan baik. Baru pada usia 9 bulan tanaman boleh di buahkan. Pentil buah mulai di bungkus pada saat seukuran jempol . Bahan pembungkus bisa kertas bisa juga plastik atau spon buah.

Buah matang di cirikan dengan warna buah yang hijau cerah sampai hijau kekuningan. Panen bisa dilakukan tiap 10 hari satu kali atau setiap 7 hari satu kali. Tergantung keputusan pemilik lahan dan si penampung hasil panen.

Untuk Populasi 600 batang minimal bisa dihasilkan 1.000 kg buah. Saat ini harga di kebun untuk buah yang tidak di Grade di hargai Rp 8.000,-/kg sedangkan untuk buah yang di sortir  grade” A” di hargai Rp 10.000,-/kg.

Sebaiknya bungkus buah tidak di buka dahulu supaya kesegaran buah bisa bertahan lebih lama.

Berikut gambaran  investasi yang di perlukan untuk budidaya 1 Ha jambu Kristal :

Proyeksi Cash Flow Jambu Kristal by lulu on Scribd

Dari perhitungan cashflow diatas terlihat bahwa  modal awal yang perlukan sekitar Rp47.400.000,-  yaitu untuk membiayai tahun pertama. Sementara mulai bulan ke 13 sudah ada hasil panen yang bisa menutupi untuk keperluan perawatan tanaman bulanan.

Dengan menanam jambu kristal, diharapkan di tahun ke 2 dan seterusnya pemilik kebun tidak perlu lagi merogoh kantong dalam dalam. Karena kebunnya sudah menghasilkan.

Selamat bertani. Sukses untuk Anda yang mau berusaha.

 

 

 

Bagikan informasi tentang PELUANG USAHA JAMBU KRISTAL kepada teman atau kerabat Anda.

PELUANG USAHA JAMBU KRISTAL | Bibit Buah Unggul | Bibit Durian Musangking | 081385218159

Belum ada komentar untuk PELUANG USAHA JAMBU KRISTAL

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan