Buka jam 08.00 s/d jam 17.00
Beranda » Uncategorized » Pohon Cempedak

Pohon Cempedak

Ditambahkan pada: 19 November 2017 / Kategori:
Kode : CPK
Berat : 1 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 274 kali
Review : Belum ada review
Rp 50.000
Pesan!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang Pohon Cempedak kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Pohon Cempedak

Pohon Cempedak

(Artocarpus champeden Spreng)

Pernah makan Cempedak ?

 Tanaman buah ini di beri nama ilmiah  Arthocarpus Champeden Spreng,  Dia memang asli tanaman indonesia. Saat ini sudah menyebar sampai ke malaysia dan Papua Nugini. Di Indonesia sendiri Buah cempedak ini mudah di temukan di Sumatra, Kalimantan , Sulawesi ,Maluku dan pulau jawa.

Daging Buahnya dapat di makan sebagai buah segar atau di makan sebagai makanan  olahan. Daging buah yang ber aroma khas berwarna kuning kejinggaan, dengan tektur lembek. Rasanya manis, dengan aroma yang khas membuat pohon Campedak lebih disukai dari pada Nangka. Daging buah yang di makan sebagai olahan, biasanya di goreng dengan adonan tepung.

Pohon Cempedak dapat tumbuh dengan baik di ketinggian sampai 700 m dari permukaan laut, menyukai daerah tife basah dengan curah hujan tinggi.Tanah yang gembur dengan drainase yang baik merupakan tempat tumbuh yang di sukainya.

Beberapa varietas cempedak unggul antara lain :

  1. Pohon Cempedak Malinau: Bentuk buah bulat panjang; Panjang tangkai buah 8–15 cm; Jumlah buah per tandan 2–3 bauh; Warna bauh matang hijau kekuning-kuningan; Ukuran buah panjang 30–40 cm, asal Desa Batu Ujang-Ujang, Kec. Malinau Utara, Kab. Malinau.
  2. Pohon Cempedak Sebapo: Varietas cepedak ini berasal dari Jambi.Tepatnya  di Kec. Mestong, Kab. Muaro Jambi, Jambi.
  3. Pohon Cempedak Saing : Buah cempedak Saing berbentuk silindris, ukuran buah panjangnya 30-50 cm, diameter 10-15 cm. Bobot buahnya 2,5-3,5 kg/buah. Warna kulit buah hijau kekuningan, warna daging buahnya kuning dengan tebal 0,8-1,0 cm, cempedak ini mampu memproduksi 250-450 buah/pohon/tahun, Cempedak ini merupakan buah yang khas dari Kecamatan Duseun Tengah, Kabupaten Barito Selatan dan Utara, Kalimantan Tengah.
  4. Pohon Cempedak KasumboKampar: Cempedak Varietas Kasumbo Kampar berasal dari Desa Tiga Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabuapaten Kampar, Provinsi Riau, beradaptasi dengan baik di dataran rendah dengan altitude 10 – 50 m dpl, poensi hasil 1800 kg/pohon/tahun.
  5. Pohon Cempedak Malaysia : Keistimewaannya, ciri buah ini merupakan perpaduan antara buah nangka dan cempedak. Bentuk buahnya mirip nangka, bulat lonjong dengan duri besar dan tumpul. warna kulit buah hijau. Warna daging buah kuning kemerahan dan rasanya manis. Aromanya khas, Biji buahnya agak bulat dan ukurannya sekitar dua kali lebih besar daripada biji cempedak biasa. Ukuran buahnya umumnya juga dua kali lebih besar dari cempedak biasa. Berat per buah sekitar 8 kg. Kelebihan yang lain, cempedak ini bersifat genjah.

Pohon cempedak, dapat berbuah pada umur 2-3 tahun sejak bibgit di tanam.  Buah matang bisa di petik 8 bulan di hitung dari bunga mekar.

Pohon cempedak termasuk tanaman yang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Namun demikian untuk mendapatkan hasil panen yang baik, tentunya di perlukan perawatan minimal, sepeti membersihkan rumput di sekitar perakaran, pemnambahan pupuk dan terutaman membungkus buah. Agar terhindar dari serangan lalat buah.

Untuk keperluan bibit silahkan kontak via :

WA 08777 0142 985  atau Telpon ke 0856 8450 319

 

 

 

 

 

pencarian dari google:

Belum ada review untuk Pohon Cempedak

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

Produk Terkait Pohon Cempedak

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan